Inilah Perbedaan Antara Nasi Padang Dengan Nasi Kapau

Mulai sekarang, kamu jadi gak bingung deh perbedaan Nasi Padang dengan Nasi Kapau!

55

Di Indonesia, rumah makan Padang banyak ditemukan di daerah mana pun. Terkadang ada beberapa orang yang menyebut nasi Padang sebagai nasi Kapau.

Meski sama-sama asli Ranah Minang, ada beberapa perbedaan mendasar antara nasi kapau dan nasi padang. Berikut perbedaan dari masing-masing masakan.

1. Asal Muasal

Nasi kapau memiliki ciri khas tersendiri dibanding nasi padang. Nasi kapau adalah hidangan yang berasal dari sebuah nagari atau desa bernama Kapau yang terletak di kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Kabupaten Agam menaungi salah satu pusat perdagangan tersibuk di Sumatera Barat, yaitu Bukittinggi. Daerah ini dikenal sebagai tempat dimana kamu bisa bereksplorasi kuliner Minang sepuasnya. Kalau kita mengunjungi daerah ini, mampirlah ke Pasar Bawah yang terkenal sebagai pusat penjualan nasi campur asal Kapau ini.

Sedangkan, nasi Padang merupakan istilah yang memiliki pemaknaan luas dan bias sebab merujuk pada semua masakan yang berasal dari Sumatera Barat, walaupun jenis olahan masakan itu tidak berasal dari kota Padang.

2. Penyajian

Penyajian Nasi Padang
Source: detikFood

 

Di kedai nasi kapau, meja dan kursi pengunjung dibuat menempel berhadapan dengan meja saji lauk atau berhadapan dengan penjual. Makan di nasi kapau biasanya identik dengan makan praktis dan cepat. Sementara di rumah makan Padang, kamu bisa duduk manis di kursi pengunjung menanti pramusaji yang datang dengan variasi lauk yang banyak.

3. Cara Pengambilan Makanan

Cara pengambilan makanan Nasi Kapau dengan Nasi Padang pun berbeda. Jika kita menemukan menu-menu hidangan nasi Padang berada pada tatakan berundak yang kian tinggi (bertingkat ke atas) maka sebaliknya deretan sajian warung nasi Kapau berada pada tatakan berundak yang menurun. Si penjual biasa mengambil hidangan pilihan menggunakan sendok gayung berukuran panjang.

4. Perbedaan pada penjualnya

Nasi Kapau dijual oleh orang asli Kapau. Kemudian, warung Nasi Kapau, umumnya menghidangkan lauk dalam wadah-wadah besar pada sebuah meja yang lebih rendah daripada posisi duduk penjualnya.

Sedangkan di warung Nasi Padang, aneka lauk dipajang pada etalase yang besar, dan disusun bertingkat sehingga para pembeli bisa langsung memilih lauk mana yang ingin ia taruh dalam sepiring nasi miliknya.

5. Sayur

Penyajian Nasi Kapau
Source: Wikipedia

 

Nasi Kapau diidentikkan dengan sayur gulai nangka. Yang membedakannya dengan nasi Padang adalah kehadiran rebung di dalam gulai nangka. Selain itu potongan gulai sayuran di kedai kapau biasanya lebih besar. Misalnya saja pada kol, tidak dipotong-potong, melainkan disajikan dalam bentuk lembaran.

6. Sambal

Sambal Nasi Kapau
Source: Steemit

 

Jenis sambal yang digunakan juga berbeda, Nasi Padang cenderung identik dengan sambal hijau sedangkan Nasi Kapau menggunakan sambal merah.

7. Lalu bagaimana dengan rendang?

Rendang daging sapi
Source: Kabar Makassar

 

Ternyata untuk rendang tidak terlalu berbeda secara signifikan, pada dasarnya rendang adalah teknik memasak, bukan bumbu, sama halnya dengan kalio. Hanya kultur yang membedakan, jika kita meminta rendang tanpa menyebutkan rendang apa, maka kita akan mendapat rendang daging di RM. Padang dan rendang ayam di RM. Kapau, tapi secara rasa hampir tidak ada perbedaan.

Kurang lebih itulah tadi yang membedakan antara nasi Padang dengan nasi Kapau.

Leave A Reply

Your email address will not be published.